Review Film Avatar 2 : Sinematik yang Ciamik dan Epik

 Review Film Avatar 2 : Sinematik yang Ciamik dan Epik



13 Tahun lamanya dan saya menonton Avatar yang ke-2 saat Kuliah, mengingat zaman - zaman Avatar yang pertama saya menonton saat SD bersama teman-teman saya menggunakan DVD atau Kaset. Peningkatan yang sangat Brillian dari Avatar pertama.

Sinopsis
Avatar yang ke-2 ini lebih menceritakan Jake Sully beserta keluarganya yang tinggal di hutan yang penuh dengan kedamaian. Tetapi, suatu kelompok menginginkan mengambil alih Pandora dan ingin menangkap Jake Sully. Jake Sully adalah kunci perlawanan bangsa Na'vi. 

Cerita 
Segi cerita sebenarnya tidak begitu buruk dan bukanlah yang terbaik. Cerita awal menurut saya masih sangat membosankan dan hampir mengantuk. Tetapi, masih bisa dimaafkan dengan lawakan atau komedi yang diberi beberapa karakter. Pada pertengahan cerita, saya sempat dibuat bingung untuk memperkenal beberapa karakter di suku barunya di Metkayina. Walaupun di buat bingung, saya masih bisa memahami beberapa karakter dan sifatnya walau terkadang suka kebalik. Cerita menuju klimaks atau puncak permasalahan itu sudah menarik perhatian. Hati saya langsung dibuat terguncang dengan aksi pemeran-pemeran yang melawan. 

Visualisasi yang menarik 
Visualiasi pada film ini tidak perlu ditanyakan lagi, SUPER BAGUS!. Visualisasi air yang memanjakan mata dan cinemarography yang unik sekali. Kalau menonton di layar IMAX atau menonton dengan 3D tidak akan menyesal jika menonton film ini. 

Moral 
Membicarakan pesan moral pada film ini sebenarnya hampir sama dengan Avatar yang pertama yaitu untuk menjaga hutan. Avatar 2 ini lebih mengarah ke menjaga lautan. Sebenarnya film ini juga bisa menyindir untuk orang-orang yang suka menangkap hewan yang harus dilindungi. 

Kesimpulan
Ini bisa dikatakan hampir terbaik, tetapi masih ada beberapa yang harus di benahi dengan cerita yang masih tetap bosan pada tahap awal sampai ke ending yang terkesan biasa saja walaupun film ini memang lebih bagus di visualisasi daripada cerita yang diberikan. Jujur, dari segala aspek saya ancungi jempol untuk film ini tetapi cerita yang diberikan masih kurang megah.

Story: 6.5/10 | Visual: 10/10 | Character: 9.5/10 | Cinematography: 10/10 | Sound & Music: 10/10
Final Score: 9.2/10
Cast: Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, Stephen Lang, Kate Winslet
Genre: Science Fiction, Action, Adventure

Comments